Apa itu penyakit Meningitis?

Apa itu Penyakit Meningitis?
Belum lama ini dunia hiburan tanah air di hebohkan berita dirawatnya artis Olga Saputra di Singapura. Kabarnya, host acara musik ini dilarikan ke negeri singa karena menderita Meningitis.
 Lalu seperti apa penyakit Meningitis yang dialami olga tersebut.?

Meningitis atau dikenal juga dengan Radang Otak adalah terjadinya peradangan di selaput selaput otak yang disebut Meningen, yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. dalam kondisi fatal, Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan otak dan kelumpuan.
 Dokter spesialis penyakit dalam Dr Iris Rengganis KAI, FINASIM mengatakan, Meningitis dapat di sebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme, seperti virus, Bakteri, Jamur, atau Parasit yang menyebar dalam darah ke cairan otak. Meningitis juga dapat di sebabkan oleh penyakit yang dapat memicu peradangan dari jaringan tubuh tanpa infeksi seperti kanker. juga karena luka fisik atau obata obatan tertentu.
Apa itu penyakit Meningitis?

Meningitis yang di sebabkan oleh bakteri lebih berbahaya ketimbang virus, Bakteri ini adalah Pneumokokus yang bisa mengakibatkan kematian khususnya pada anak anak.
Bakteri Pneumokokus memang bisa hidup dan diam di tenggorokan 10% orang sehat, Baik bayi, Balita dan individu dewasa, Urai Dokter.

Orang yang terinfeksi meningitis. ungkap dia, akan mengalami beberapa gejala khas, mulai dari mual, muntah, dan demam tinggi mendadak, serta rasa kaku di belakang leher (kuduk) ini menyebabkan leher menjadi pegal sehingga tidak bisa di gerakan, sangking kakunya sampai tengadah tidak bisa, hanya bisa lurus saja. katanya.
Kakunya bagian kuduk tersebut, disebabkan serangan kuman meningitis ke daerah selaput dan korda spinalis yang merupakan sistem saraf pusat, Masifnya serangan menimbulkan rasa kaku pada penderita yang bisa timbul 2-3 hari setelah tertular kuman meningitis.

Sebetulnya masa inkubasi kuman meningitis 2-10 hari, namun jika daya tahan tubuh lemah dan serangan kuman masif kaku kuduk terjadi lebih cepat. kata iris.
kaku kuduk ini bisa dialamai oleh infeksi bakteri dan virus penyebab meningitis, Meski diawali demam dan rasa mual sehingga mirip dengan gejala flu, namun yang membedakan menngits dan infeksi flu adalah tidak adanya batuk dan pilek.

Penanganan meningitis secara cepat akan memperbesar kesembuhan. Penderita meningitis sebaiknya sudah mendapat penanganan sebelum 24 jam. kalau sudah kaku kuduk hingga sakit kepala berat berarti serangan sudah mulai masif, kata iris.
Memang tidak mudah mengenali gejala meningitis, tetapi orang yang perlu di curigai adala mereka yang baru pulang berpergian dari daerah endemik meningitis..

Sumber - Tribun Lampung

2 Responses to "Apa itu penyakit Meningitis?"

  1. serem ya bacanya, tapi jadi nambah pengetahuan tentang penyakit ini... apalagi sekarang-sekarang ini kok berasa makin banyak orang yang mengidap penyakit ini, kenapa ya....
    semoga Allah SWT selalu memberi nikmat sehat untuk kita semua,, yang sedang mengidap penyakit ini siapapun, semoga cepat sembuh :)

    ReplyDelete
  2. kalau sudah berhubungan sama otak,,menakutkan..
    thanks buat infonya

    ReplyDelete

Sebelum memberikan komentar harap di baca dulu


1. komen lah sesuai artikel yang sedang dibahas
2. Jangan Memasukan Link Aktif,
3. Komentar Singkat yang tidak relevan tidak akan di Publikasikan.