Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3

Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3 - Hallo sob, Rasanya aku sudah lama e ga posting di blog aku ni, hehehe, maklum lagi sedikit agak sibuk dan yang paling menyebalkan comp aku malah error, terpaksa deh absen beberapa hari belakangan ni dari dunia blogger. Ok gak usah banyak basa basi lagi la e. untuk postingan aku kali ini aku ingin memberikan sedikit tutorial tentang Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3. Mungkin sobat semua sudah pada tau la ya yang namanya rubik tu, jadi aku gak usah menjelaskan lagi apa itu rubik.
sebenarnya aku sendiri pun masih baru sih dalam bermain rubik ini tapi untuk sekedar membagi pengetahuan dan dan share pengalaman jadi gak apa la ya.

Ok untuk menyelesaikan rubik 3x3 ini kalian harus memiliki sedikit kesabaran dan ketekunan kalau baru pertama kali memainkannya emang sedikit gampang2x susah, tapi kalau kalian sudah tau dan hafal rumus2xnya pasti akan terasa sangat mudah.

untuk pertama silahkan kalian lihat gambar Rotasi di bawah ini :
gambar 1

L = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian sebelah (Kiri)
R = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian sebelah (Kanan)
U = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Atas)
D = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Bawah)
F = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Depan)
B = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Belakang)


Seandainya terdapat Tanda ( ' )
 contoh = ( L' ) putarlah rubik sebelah kiri berlawan arah jarum jam
Dan seandainya Terdapat angka ( 2 )
contoh = ( L2 ) putarlah 180°

Ok kita mulai,
langkah pertama silahkan kalian buat pola ( + ) di rubik
untuk membuat pola ( + ) menurut aku tidak ada rumus khusus hanya pandai2x kita saja, tapi harus putih yang berada di tengah pola ( + ) tersebut untuk memudahkan dalam menyelasikan rubik.
lihat gambar :
gambar 2

selanjutnya setelah kalian menyelesaikan pola  ( + ) tersebut, balik rubik dengan pola ( + ) putih di bagian bawah dan warna kuning berada di bagian atas.
lihat gambar :
gambar 3

langkah selanjutnya kita akan menyelesaikan atau menyamakan warna rubik bagian bawah atau baris pertama terlebih dahulu.
lihat gambar :
gambar 4

untuk menyelesaikan warna tersebut terdapat beberapa rumus
1. seandainya kalian mendapatkan seperti gambar di bawah ini Putih nya di sebelah kanan
gambar 5

 Rumusnya adalah : F' U' F 
pegang rubik dengan warna hijau di depan Kuning di atas Putih dibawah 
Yang perlu kalian perhatikan adalah warna orange yang berada di samping putih, Orange harus sama dengan warna orange yang berada di tengah kiri rubik, begitu selanjutnya.

2. seandainya kalau seperti gambar di bawah ini putihnya berada di sebelah kiri.
gambar 6

 Rumusnya adalah : R U  R'
pegang rubik dengan warna Biru di depan Kuning di atas Putih dibawah
sama seperti di atas kalian perhatikan warna biru yang di samping putih, biru harus sama dengan biru yang berada di tengah, begitu selanjutnya.

3. dan seandainya warna putih berada di atas 
lihat gambar 
gambar 7

Kita harus meletakan putihnya berada di samping seperti gambar Poin 1 dan 2 di atas
dan Rumusnya adalah : R U2 R'
selanjutnya lakukan seperti salah satu cara dengan rumus di atas. nah sekarang kita telah menyelesaikan baris pertama.

Sekarang kita akan melakukan atau menyamai warna rubik di bagian tengah atau baris ke 2
lihat gambar
gambar 8

1. seandainya kalian mendapati gambar seperti di bawah ini berarti kita akan menyelesaikan warna biru dan merah. karna merah berada di kanan.
Yang harus kalian perhatikan pertama adalah warna yang ingin kalian samakan harus sama dengan warna yang di bagian tengah, seperti gambar di bawah biru atas sama dengan biru tengah.
lihat gambat
gambar 9

dibagian atas tengah terdapat warna biru dan merah, berarti kita akan menyelesaikan baris ke 2 dengan warna biru dan merah terlebih dahulu
yang harus kalian lakukan adalah pegang rubik dengan warna Biru di depan, Merah dikanan, Kuning di atas, dan Putih di bawah
Rumusnya adalahU R U' R' U' F' U F

Nah itu seandainya kalau kita ingin menyelesaikan baris ke 2 di bagian kanan.
kalau untuk menyelesaikan baris ke 2 sebelah kiri laen lagi rumusnya

2. Seandainya kalian mendapati seperti gambar di bawah ini berarti kita akan menyelesaikan warna merah dan hijau, namun di sini sedikit berbeda di mana cara pertama kita menyelesaikan warna di bagian kanan, kini kita akan menyelesaikan warna di bagian kiri
perhatikan gambar,
gambar 10

disitu terdapat warna merah dan hijau, Sama seperti cara di atas warna hijau harus kita sejajarkan dengan hijau tengah, Perhatikan Warna Hijau (sebelum)
ada pun cara pertama pegang rubik dengan warna rubik hijau di depan, kuning diatas, merah dikiri , dan orange dikanan.
Rumusnya adalahU' L' U L U F U' F'

Ok sekarang kita telah menyelesaikan baris ke 2.

Setelah kalian menyelesaikan baris ke 2, sekarang coba kalian perhatikan bagian yang berwarna kuning
apakah sudah terdapat pola ( + ), tidak masalah berapa kubus yang berwarna kuning yang terpenting terdapat pola ( + ). seperti gambar di bawah ini.
gambar 11

seandai nya kalian sudah mendapatkan pola ( + ) kalian tidak perlu mengikuti cara berikut ini, ini hanya untuk yang belum mendapatkan pola ( + ) saja.
Kalau belum mendapatkan pola ( + ) tersebut silahkan ikuti cara di bawah ini,
Rumusnya adalah : F  U  R U' R' F'
lakukan beberapa kali sampai mendapati Pola ( + ), 
Yang perlu di ingat saat kalian memutarnya beberapa kali kalian harus pastikan warna posisi depan nya selalu sama. Misalnya saat kalian memutar dengan warna biru di posisi depan putar lah beberapa kali dengan posisi biru selalu di depan.
jangan saat pertama memutar posisi depan biru dan putaran ke 2 posisi depan berwarna merah, kalau kalian melakukan itu pola ( + ) akan sulit di dapat kan dan bisa2x semua posisi rubik akan hancur.

Kalau sudah sekarang kita akan melanjutkan mengisi semua sudut2x dengan berwarna kuning tersebut sehingga terisi semua.
gambar 12

Cara nya gampang perhatikan gambar di bawah
gambar 13

gambar ke 1 disitu aku memegang dengan posisi depan berwarna biru dan terdapat kotak berwarna kuning di bagian unjung kirinya, ( betul )
gambar ke 2 disitu aku memegang dengan posisi yang salah, karna posisi warna kuningnya berada di sebelah kanan yang seharusnya berada di sebelah kiri seperti gambar pertama.
Rumusnya adalah : R U R' U R U2 R'
lakukan beberapa kali sampai seluruh bagian atasnya menjadi berwarna kuning.
pastikan kalian selalu memegangnya seperti itu, terdapat warna kuning di posisi unjung kirinya, dan posisi depan tidak mesti berwarna biru karna dapat berubah-ubah.

Langkah selanjutnya kita akan menyamai warna sisi-sisi samping unjungnya perhatikan gambar.
gambar 14

di gambar atas terlihat tidak ada warna yang sama dengan warna tengah di sisi ujung kiri dan kanan, warna Merah di bagian tengah seharusnya sama dengan warna sisi ujung kiri dan kanan dan begitu juga dengan warna hijau yang d bagian tengah seharusnya sisi unjung kiri dan kanan terdapat warna hijau.
nah untuk menyamakan warna di sisi unjung-ujung kiri dan kanan dengan warna tengah
Rumusnya adalah : R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L
akan menjadi sperti gambar di bawah ini.
gambar 15

langkah selanjutnya adalah penyelesaian.
untuk langkah penyelesaian ini ada 2 rumus yang sedikit berbeda.
kalau kalian mendapati gambar seperti di atas atau di bawah ini berarti kalian harus melakukan rumus yang searah jarum jam.
Perhatikan lagi gambarnya :
gambar 16

Di gambar terlihat warna Orange terdapat di warna merah, warna merah terdapat di warna hijau, dan warna hijau terdapat di warna orange.
yang perlu kalian perhatikan adalah warna Orange, Merah, dan warna Hijau bagian atas, Karna ini cuma gambar jadi agak susah melihat warna nya sesuai dengan arah putaran jam, dan kalau kita memutar nya searah jarum jam dari atas akan sesuai dengan warnanya masing-masing, namun akan menghancurkan warna biru yang telah selesai
coba kalian perhatikan sekali lagi gambar di atas..
paham kan.??

Nah untuk penyelesaian nya lihat gambar
gambar 17

kalian harus memegang nya seperti gambar di atas, dengan posisi yang sudah jadi berada di sisi kiri tangan kalian.
Rumusnya Adalah : F2 U L R' F2 R L' U F2

bagitu sebaliknya seandainya kalian mendapati warna yang berlawan sama jarum jam. coba kalian memutarnya dari atas berlawanan arah jarum jam akan cocok namun akan merusak sisi yang telah selesai kalan kerja kan. dan kalau kalian memutar nya dari atas serah jarum jam tidak akan cocok.
Untuk Rumusnya adalah : F2 U' L R' F2 R L' U' F2

 Dan selesai.

gambar 18

Wah gak terasa ya ternyata panjang juga artikel aku kali ini,
Ok lah mungkin segitu aja dulu artikel aku tentang Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3,
dan untuk para master kalau membaca artikel aku ini tolong di koreksi jikalau ada penyampaian dalam tulisan aku ada yang salah.
sekian wasallam :  http://eflianda.blogspot.com

82 Responses to "Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3"

  1. oke infonya http://fajar-juli.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. buset....gak ribet tuh sob bikin postingan ini???
    saya aja ribet banget maen gituan dari dulu gak pernah bisa,oya,,,di kotak rubiknya kan polos sob,maksudnya gak ada (L') atau(L2) nya... gimana tuh sob,,?

    ReplyDelete
  3. @Ants Kaka : ribet sih sob,,terutama untuk gambarnya. harus bongkar pasang memori, soalnya aku ga punya kabel data.
    maksudnya yg bagaimana sob..?
    aku kurang ngerti ne.

    ReplyDelete
  4. Hey friend, i always see you around so i just want to exchange link with you if you want to, for a friendly exchange, i already put your link in my site you can check here

    Literasura Links

    Here is my site, please do add me
    Literasura

    ReplyDelete
  5. wah..ribet amat yak..hehe..bisa di share ketemen2 nih rumusnya hehe maksih infonya sob..

    ReplyDelete
  6. maksudnya di kotak" itu kan gak ada tulisan L nya sob,jadi bingung nih muter" nya,hehehehe...

    wew...kabel data kan murah sob,lagian juga Hp sekarang kan chargernya udah langsung nyambung kabel data,biasanya.

    ReplyDelete
  7. Bused dah.. panjang bener artikelnya :D

    BTW.. nice share :D

    ReplyDelete
  8. malah jadi tambah pusing nih,,,hehee

    ReplyDelete
  9. wuiiihhh.. thanks yah udah dipos... soalnya lagi nyari rumus terakhirnya...hehehe

    ReplyDelete
  10. Udah lama ga main rubik.. Wah mesti beli dulu nih sekalian praktekin..hehe :)
    Trim ya sob :)

    ReplyDelete
  11. @Ants Kaka : owh itu maksudnya kode arah putaran sob.
    misalnya :
    ( L - left ) = putar rubik bagian sebelah Kiri searah jarum jam
    ( R - right ) = putar rubik bagian sebelah Kanan searah jarum jam
    Dan seandainya terdapat tanda (') misal (L')putar rubik sebelah kiri berlawan arah jarum jam
    dan kalau terdapat angka (2) misal (R2) putar rubik sebelah kanan 180 drajat.
    dan begitu seterusnya..
    semoga paham e..:D

    ReplyDelete
  12. @tova : kelihatan nya emng ribet sob, tp ntr kalau sudah bisa sangat menyenakan sob,

    @Tulisan dan Curhatku : iya sob, soalnya pake gambar jd kelihatan panjang,hehe

    @anak baik : kalau baru pertama mencoba emng pusing sob, jd harus pelan2x sob belajarnya biar ga pusing,

    @arief ahsan : oke sob sama2x.

    @budi os 19 : beli yg murahan aja dulu sob untuk belajar, paling cuma 10rb an.hehe

    ReplyDelete
  13. waduh, aku blm pernah bermain rubrik 3x3 sob, tpi diliat dari rumus2 nya kayaknya susah juga yah game nya hehehee.... :)

    ReplyDelete
  14. Pantesan kalo ada rumusnya ya sob..soalnya kemaren
    aku liat anak kecil maennya cepet banget langsung selesai...hhddecchh.

    ReplyDelete
  15. wah... serahkan pada ahlinya begitu orang bilang, memang terkadang kita tidak dapat memahaminya dengan cepat, saya aja sampe saat ini belum bisa hahaha... mumet... enakan main catur :)

    salam sukses
    rare-angon nakbalibelog

    ReplyDelete
  16. @EKA IKHSANUDIN : kalau cuma di lihat emng kelihata susah sob, kerna ngelihat rumusnya kan..?hehe
    makanya harus langsung praktek sob,:D

    @Icahbanjarmasin : iya sob, aku ja 5 menit baru selesai, hahaha
    maklum masih baru..:D

    @rare-angon : benar sob, emng susah memahami dengan cepat, tp kalau niat belajar pasti bsa kok,hehe

    ReplyDelete
  17. sampai sekarang saya ga pernah bisa main rubik, tapi dengan adanya bocoran ini.. saya mau nyoba lagi.. heee

    ReplyDelete
  18. Di rubik mana ada tulisan
    L = Kiri
    R = Kanan
    U = Atas
    D = Bawah
    F = Depan
    B = Belakang
    pertanyaannya,, kalau saya menerima rubik ini dalam keadaan acak dan belum tersusun,, gimana caranya.. sedangkan rubiknya kan polos gak ada tulisan apa2.. paling cuma warna doang..? :D

    ReplyDelete
  19. @Andy Borneo : wah sama seperti pertanyaan ants kaka ni..
    silahkan lihat komen aku yg d atas sob,
    d situ sudah d jelasin,

    ywdh ntr aku edit ulang dulu la postingan biar lebih jelas.

    ReplyDelete
  20. temen sebelah rumah saya ada yg bisa nih. Ternyata ada rumus dan trick juga ya ? makasih sob,ntar saya coba deh

    ReplyDelete
  21. asli nich permainan klo dimainin pas sedang BT enak tuh ...
    dan selama saya kenal nich permainan , sama sekali belum pernah sukses ngeberesinnya
    , dan mungkin setelah saya belajar nich rumus, saya akan coba menyelesaikan rubik di rumah saya..
    btw thanks atas triknya :D

    ReplyDelete
  22. saya suka waktu pertama kali beli, masih beraturan ... he...he ga ribet sudah teratur tinggal pajang deh. paling top ngerjain cuma 1 sisi aja, puyeng. ternyata kudu ngilmu juga ya.

    ReplyDelete
  23. nah....malah tambah puyeng sob,mana yang sebelah kiri dan kanan?itu kan kotak...?dibalik kiri jadi kanan,begitu sebaliknya,,hehehee...

    ReplyDelete
  24. Rumit ya, sampai sekarang belum ngerti2 hehe. paling bisa juga cuma satu warna, makasih ya udah berkunjung. Ditunggu lagi kunjungannya ;0

    ReplyDelete
  25. wah makasih nih gan.. ane save dulu deh..
    ntar coba dirumah..:)

    ReplyDelete
  26. luar biasa.. saya dari dulu suka banget main rubik tapi belum pernah berhasil.. ini adalah solusinya.,. saya harus pelajari.. terimakasih mas bro..

    ReplyDelete
  27. dulu sering maen rubik, 3x3 sama 3x4 sekarang dah pada ilang entah kemana rubik nya

    ReplyDelete
  28. Unik dan keren tipsnya. Saya pernah membeli rubik ini. Tapi dari sejak membeli hingga sekarang tidak kembali kembali tuh ke semula. Sampai muter muter ke sana dan kemari. Apa rumus ini bagus ya untuk menyelesaikannya ?

    ReplyDelete
  29. @All:
    asal kita sudah tau/hafal rumusnya pasti akan sangat mudah menyelesaikannya sob.
    asalkan mau belajar semuanya pasti bisa.
    selamat mencoba sob..

    ReplyDelete
  30. Wah mantab gan,
    sebelumnya ane susah banget nih nyelesain 1 rubik saja, berjam-jam gak kelar-kelar.
    Btw, keep blogging, smile and blogwalking

    ReplyDelete
  31. Kunjungan sore, :)
    hmm... agak puyeng nih, tapi terimakasih banyak sharenya, soalnya aku emang lagi mempelajari rubik sob... :D

    ReplyDelete
  32. Mantap nih... 69 berhasil sob

    thanks

    ReplyDelete
  33. saya coba2 gak berhasil... hehehe.. :)

    Tugas beres sob..

    ReplyDelete
  34. Saya minta ma'af,
    udah saya masukin link sumbernya.


    ReplyDelete
  35. dari dulu saya liat contohnya tetep gk mudeng sob. alias ribet :(

    ReplyDelete
  36. @haris715 Ok sob gak apa..
    begitu lebih baik ,,
    karana membuat tulisan diatas itu butuh waktu yg tidak sebentar.
    jadi tolong di hargain sedikit jerih payah orang lain dalam menulis,.
    makasih sob sudah menambahkan link sumber..

    ReplyDelete
  37. gak ngerti saya tutorialnya susah :/

    ReplyDelete
  38. kalo aku sih lebih mudeng belajar langsung ke orang yang bisa

    ReplyDelete
  39. dua langkah terakhir yang bikin saya bingung., sudah beberapa kali ngikutin rumus tapi gk bisa juga,,

    ReplyDelete
  40. Searah Jarum Jam Itu Satu Putar Ya SOb .maksutnya Satu Putar

    ReplyDelete
  41. Ini salah satu permainan yg membuat kepala puyeng 7 keliling....hahaaa!

    ReplyDelete
  42. Tutorialnya bener kok, rumusnya juga gak ada yg salah,,,kalo di ikutin sambil di praktekin, lebih gampang.

    Kalo yg belum dapet logikanya emang pusing, tapi kalo udah dapet logikanya ini gampang benget.
    Gue belajar rubik cuman 3 hari.
    :).

    ReplyDelete
  43. mas admin, rumus terakhir gw cma ko yg jd cma 2 sisi sja. cra untik selesaikan 2 sisi lagi gmana ?

    ReplyDelete
  44. gan, gw uda cba tutorialnya tpi yg jadi cuma 2 sisi yaitu warna orange dan kuning terus warna untuk selesaikan warna merah dan putih gmana caranya..

    ReplyDelete
  45. @imanuel manuhuttu posisi rubik yang sobat pegang bagaimana.?
    klo untuk belajar, pegang posisi rubik warna putih di bawah dan kuning di atas dan selesaikan warna putih nya terlebih dahulu.lalu ikuti rumus di atas,

    rumus diatas tidak menyelesaikan langsung satu sisi sob, tapi bertahap dari bawah keatas dan terkahir menyelesaikan warna kuning..

    semogga paham ya..dan tetap fokus..

    ReplyDelete
  46. ada sebagian rumus yang saya lupa, tapi saya juga tetap gak ingat nih karna pnjelasanny cman gambar doang

    ReplyDelete
  47. @Administrator Sharing4rt mungkin untuk lebih mudah lagi dalam mengingat rumusnya coba sobat lakukan berulang2 untuk satu rumus agar mudah di ingat dan tidak lupa lagi..

    ReplyDelete
  48. Gan, tutorial anda sudah bagus sekali untuk solusi rubik 3x3 tahap pemula.

    Terima kasih untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan nya tentang rubiks cube.

    FYI, kami adalah toko rubik online yang menjual berbagai macam jenis rubik cube dan twisty puzzles mulai dari ukuran 2x2 - 11x11 dengan harga murah, kualitas terbaik dan model terlengkap.

    main-main ke web kami (jocubes.com) ya :)

    ReplyDelete
  49. sampe saat ini saya blom bisa memecahkannya sob,............

    ReplyDelete
  50. Hello bro, apa kabarnya, semoga sehat selalu ya. Perkenalkan kami dari Jo Cubes dan kami sedang mengadakan kompetisi mini dimana bro hanya diminta untuk membuat satu artikel pendek mengenai Jo Cubes 350-500 kata serta membuat link ke website kami pada blog anda.

    Contoh:

    Jo Cubes adalah toko rubik online yang berlokasi di Jakarta Barat. Koleksi rubik & puzzle yang dijual di Jo Cubes termasuk lengkap. Menurut saya, harga-harga rubik & puzzle yang dijual disana tergolong murah dan bagus kualitas nya. Mengenai packaging dari paket Jo Cubes, sangatlah susah untuk dibuka karena Jo Cubes menggunakan bubble wrap yang sangat tebal untuk menjamin paket tahan benturan. Apabila kamu tertarik untuk membeli rubik di Jo Cubes , kamu bisa mengunjungi link di bawah ini:

    Jual Rubik | Toko Rubik Jo Cubes | Beli Rubik Online

    Bagi pemenang dengan tulisan yang paling menarik dan kreatif berhak memenangkan bingkisan Rubik yang menarik dari Jo Cubes.
    Kami tunggu partisipasi nya. Terima kasih dan salam cubing.

    Best Regards,

    Jo Cubes

    ReplyDelete
  51. meskipun banyak tutorial tentang rubik ini,
    tetap saja saya belum bisa dengan baik memainkannya

    ReplyDelete
  52. Jenius !!!
    Sayang ane ga punya, jd ga bs mempraktekannya

    ReplyDelete
  53. coba ah rumusnya, mudah2an kali ini saya berhasil selesain rubuk nya. bagus sob.

    ReplyDelete
  54. kurang jelas, bisa dotambahin videonya gak ?

    ReplyDelete
  55. Haha ni rumus kepanjangan sob. Q aja yg bru blajar bsa lbih pendek rumusna

    ReplyDelete
  56. Waduh nih postingan banyak bgt koment-nya tangan sampai pegel mau nyari kotak koment-nya saja.
    trus berkarya dgn artikel2 yg keren seperi ini Bos

    ReplyDelete
  57. maksih sob tips'x sangat membantu sekali ...

    ReplyDelete
  58. Sangat bermanfaat postingannya, emang main Rubik itu asyikk banget suka sampe lupa waktu, hihi....
    sukses sob...

    ReplyDelete
  59. wah baru tahu saya ternyata ada rumus beginian ya, cobain beso ah, thanks sobat. salam 69.

    ReplyDelete
  60. Panjang banget gan T.T ngelu baca ginian T.T apa lagi yang buat ya ._.v

    mantap infonya gan tapi^^

    ReplyDelete
  61. Ne rumus udah dicoba, kuq susah banget ya??? Hemmm ada solusi?

    ReplyDelete
  62. klu gw bongkar rubik nya dulu trun susun balik

    ReplyDelete
  63. Makasih artikelnya! Gampang bgt diikutin. Tpi dr step awal sampe nyamain warna baris pertama pake caraku sendiri, mulai nyamain warna baris keduabaru ngikutin step di artikel.

    ReplyDelete
  64. Wis marahi mumet permainan iki.
    Salam

    ReplyDelete
  65. tangan nya jorok kukunya panjang yekkkk

    ReplyDelete
  66. penyelesaian terakhir, sisi yang udah jadi bukannya ditaro di belakang ya.
    kalo ditaro di samping kiri gitu, ga jadi2 :D

    ReplyDelete
  67. udh smpe rumus terakhir,,,tpi ga bsa2,,mlah yg penuh2nya aja gnti2 warna,,,

    ReplyDelete
  68. @wall-e : iya bner,,,klo di kiri malah ga beres2,,,

    ReplyDelete
  69. @wall-e : iya bner,,,klo di kiri malah ga beres2,,,

    ReplyDelete
  70. gan saya masih bingung nih, kuran detail tutornya

    ReplyDelete
  71. sulit bener ya
    udah 10x nyoba gak bisa bisa gan

    ReplyDelete

Sebelum memberikan komentar harap di baca dulu


1. komen lah sesuai artikel yang sedang dibahas
2. Jangan Memasukan Link Aktif,
3. Komentar Singkat yang tidak relevan tidak akan di Publikasikan.